recent posts

Mari Hitung, Berapa persen Tingkat Keberhasilan Anda

Tingkat Keberhasilan Anda dalam menjual produk yang Anda pasarkan, dapat dihitung secara persentasi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melihat seberapa aktif dan kreatifnya marketing atau sales tersebut dalam menjalankan tugas dan rutinitasnya sehari-hari sebagai seorang Marketing.
Berikut coba Saya sajikan satu cara menghitung tingkat keberhasilan Anda dalam menjual sebuah produk.
Sekarang, ambillah kertas dan pena Anda, Mari berhitung....

1. Sudahkah Anda mengatur jadwal dan agenda kerja pada malam hari dan mengatur strategi pemasaran untuk esok hari. Hal ini penting, karena perencanaan adalah kunci keberhasilan Anda. Kerja akan lebih efektif dan efisien, lebih terarah dan terhindar dari pekerjaan yang tidak perlu. Dan juga apabila kita merencanakan strategi pemasaran yang baru dan yang lebih efektif dan kreatif, Anda juga akan menuai hasil yang lebih baik dibanding dengan pesaing Anda.
Sekarang, coba Anda tuliskan dengan pena Anda pada sebuah kertas yang telah Anda siapkan sebelumnya, dari angka 1 sampai dengan 10, mana yang menggambarkan tingkat keseringan Anda melakukan penjadwalan agenda-agenda kerja Anda dan merancang strategi-strategi baru dan kreatif setiap harinya.

2. Berdoa itu penting
Berdoa berarti meminta pertolongan Allah SWT, dengan berdoa kita berarti menyadari betul bahwa diri ini hanyalah zat yang kecil yang hanya dapat berusaha dan bekerja, namun Allah lah yang menentukan dan Allah lah yang memastikan segalanya. Doa adalah sumber kekuatan tiada tara, mengapa? Karena dengan berdoa kita akan sadar betul bahwa usaha dan kerja keras kita yang diiringi dengan doa pasti akan tercapai, atau Allah SWT yang maha mengetahui akan menggantikannya dengan lebih baik yang lebih kita butuhkan.
Berdoalah dengan sedikit memaksa dan merengek kepada Allah, karena Allah lebih suka kepada hambaNya yang selalu meminta kepadaNya dengan penuh harapan dan keinginan yang kuat.
Berdoalah dengan meminta keberhasilan dan closing hari ini.
Sekarang, tulis dengan pena Anda, dari angka 1 sampai dengan 10 yang menggambarkan seberapa sering Anda berdoa kepada Allah SWT.

3. Langkahkan kaki dengan bismillah dan penuh semangat.
Hari ini kumulai dengan ceria, senyum sapa kepada semua orang, kuucapkan salam untukmu teman-teman, oh semoga rahmat dan berkahNya terlimpah untuk semua.
Kulangkahkan kakiku dengan bismillah, yakinlah hari ini begitu indah, kulakukan apa yang baik kudapat, oh semuanya sangat indah.
Ya, begitulah bunyi sebuah lagu yang diciptakan oleh salah satu grup nasyid terkenal Justice Voice yang mengajarkan kepada kita untuk memulai hari dengan penuh semangat dan ceria. Jika Anda semangat dan ceria dalam memulai hari, bisa dipastikan Anda akan terus semangat dan ceria dalam memprosespek calon konsumen Anda.
Dari angka 1 sampai dengan10, angka mana yang menggambarkan seberapa semangat dan cerianya Anda dalam memulai hari ini.

4. Action, jalankan semua jadwal dan strategi yang telah Anda susun. Sebarkan brosur produk Anda, pasang iklan di koran, pasang iklan di internet serta prospek konsumen-konsumen yang telah menghubungi Anda sebelumnya.
Sekarang, dari angka 1 sampai dengan 10 mana yang menggambarkan seberapa aktif, disiplin dan kreatifnya Anda menjalankan setiap jadwal dan strategi yang telah Anda susun.

5. Follow up, setiap ada respon dari calon konsumen, baik yang berasal dari iklan koran, media spanduk, brosur maupun dari direct selling maka jangan pernah meninggalkan konsumen tersebut dengan mem-follow up nya. Karena apabila sudah ada buying signal dari konsumen namun Anda tidak mem-follow up nya maka bisa jadi ia akan membeli produk pesaing Anda yang mana tenaga pemasarannya lebih aktif mem-follow up konsumennya.
Jangan Anda berharap konsumen akan menghubungi Anda kembali, karena setiap pembeli ingin diparlakukan seperti raja ditambah lagi dengan terlalu banyaknya produk-produk pesaing Anda. Maka Anda lah yang harus aktif menghubungi mereka kembali dengan mencoba untuk meyakinkan ia kembali untuk memilih produk Anda.

Jadi, dari angka 1 sampai dengan 10, angka mana yang paling menggambarkan seberapa sering Anda mem-follow up konsumen Anda.

6. Konsumen datang kembali atau konsumen menghubungi Anda kembali. Nah, ini merupakan buying signal yang sangat jelas, bahwa konsumen tersebut membutuhkan produk Anda. Disinilah ketajaman marketing Anda diuji, dapatkah Anda melakukan closing on the spot. Jangan biarkan ia kembali tanpa membayar booking fee atau uang muka. Tekan ia tapi jangan memaksa, raih penjualan dengan menyakinkannya bahwa produk Anda sudah terbatas persediaannya atau harga akan naik beberapa hari lagi, atau jika ada promo maka katakanlah promo akan segera berakhir.
Dari angka 1 sampai dengan 10, angka mana yang menggambarkan ketajaman marketing anda dalam melakukan closing on the spot apabila konsumen Anda datang lagi atau menghubungi Anda lagi.

7. Sebarkan brosur, kartu nama atau alat promosi Anda lainnya sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda menyebarkan brosur dan kartu nama Anda maka semakin besar peluang Anda meraih pasar. Saya selalu mengatakan kepada seluruh rekan-rekan marketing Saya, bahwa sebagai marketing kita harus selalu memperkenalkan kepada setiap orang yang kita kenal maupun yang baru kita kenal bahkan kepada siapa saja yang kita temui bahwa kita adalah marketing dari produk yang sedang kita pasarkan, lalu memperkenalkan produk tersebut kepadanya, karena ngomong itu tidak banyar. Omongkan kepada semua orang bahwa Anda menjual produk ini dan ini. Lalu tinggalkan kartu nama Anda serta brosur kepadanya.
Sekarang, coba Anda gambarkan diri Anda dari angka 1 samapai dengan 10 tingkat keseringan Anda menyebarkan brosur, kartu nama dan alat-alat promosi lainnya.

8. Serve after sale atau pelayanan setelah penjualan, setelah terjadi transaksi Anda perlu menjaga hubungan dengan konsumen Anda, dengan memberikannya pelayanan setelah penjualan. Hal ini sangat jarang sekali dilakukan oleh marketing dimana ia memberikan pelayanan walaupun transaksi sudah selesai. Serve after sales ini sangat penting, karena hal ini menentukan penjualan Anda selanjutnya karena semakin banyak testimoni baik tentang pelayanan Anda sebagai marketing semakin banyak konsumen yang akan memilih Anda dan membeli produk yang Anda tawarkan. Serta semakin baik serve after sales Anda besar kemungkinan konsumen tersebut akan repeat order.
Dari angka 1 sampai 10, angka mana yang menggambarkan pelayanan after sales yang Anda berikan.


Sekarang.....
Mari kita total semua perhitungan-perhitungan Anda tadi, total semuanya dari 1-8.
Jika total nilai Anda di bawah 60 maka Anda harus lebih banyak berlatih dari 8 aspek yang dijabarkan di atas tadi. Tapi jika total nilai Anda di atas 60, bagus, terus tingkatkan kemampuan Anda dan raih penjualan, raih kesuksesan.

Salam dahsyat......
Mari Hitung, Berapa persen Tingkat Keberhasilan Anda Mari Hitung, Berapa persen Tingkat Keberhasilan Anda Reviewed by Marzuki Halim on 07.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.